Media | Berita | Penerbitan

Tuesday 28 July 2015

GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT TOBA

Polres Samosir melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba di halaman Polres Samosir, Kamis, (09/07) dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat Toba-2015.

Tingkatkan Sinergi Polri dengan instansi Terkait Dalam Rangka memberikan rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1436 H.” Kapolres Samosir AKBP. Eko Suporihanto, SH, S.Ik, MH selaku pembina upacara di ikuti seluruh jajaran Polres, TNI, Dishub dan Satpol PP, turut hadir Wakil Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Pabung Kodim 0210/TU, Kadis Hubkominfo dan Kadis Kesehatan.
 

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti dalam Sambutan tertulis yang dibacakan Kapolres Samosir mengatakan, bahwa apel gelar pasukan diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda untuk mengecek kesiapan akhir pengamanan Hari Raya Idul Fitri terkait dengan kekuatan personel, kelengkapan peralatan sarana dan prasarana, dan kesiapan institusi lain yang terlibat sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Memahami segala permasalahan, gangguan kamtibmas dan beragam ancaman yang mungkin terjadi, maka dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat pada perayaan Idul Fitri, Polri beserta seluruh jajarannya dibantu instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat yaitu operasi ketupat 2015 selama 16 hari mulai tanggal 10-25 Juli 2015.
 

Operasi ini merupakan operasi kemanusian dimana selama operasi ketupat akan digelar dengan kekuatan sebanyak 145.676 porsenel terdiri dari Polri sebanyak 82.538 personel, TNI sebanyak 12.761 Personel serta instansi terkait sebanyak 50.377 personel yang akan tergelar di 3.030 pos pengamanan dan 1.083 pos pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
 

Lebih lanjut Kapolri mengatakan capaian dan sasaran gelar operasi ketupat yaitu terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 H, baik pada saat beribadah puasa, sholat tarawih, sholat Idul Fitri, bersilahturahmi, berwisata maupun barbagai aktivitas lainnya dapat terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban lalu lintas bagi masyarakat, terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok dan BBM, serta termonitor dan terdatanya semua kejadian baik gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas dengan cermat, akurat dan benar.
 

Bagi seluruh personel Kapolri mengharapkan agar mempersiapkan dan memelihara kondisi fisik dan mental untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, laksanakan tugas pengamanan dan pelayanan dengan rasa tulus dan ihklas, tingkatkan kepekaan terhadap situasi lingkungan, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan guna mampu merespon secara cepat dan tepat, lakukan tindakan proaktif dan antisipatif, siapkan peralatan sarana dan prasaranan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pengamanan serta lakukan komunikasi, koordinasi dan kedepankan kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap elemen masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Abidan Simbolon)

0 komentar:

Post a Comment