Media | Berita | Penerbitan

Tuesday 24 March 2015

HKBP dan Kementerian Kehutanan Tanam Pohon Bersama

Go Green dengan konsep satu pohon satu jiwa, diterapkan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dengan kerja sama Kementerian Kehutanan. Melalui bagian organisir HKBP, yaitu Komisi Pelaksana Pelayanan Strategis (KPPS) melakukan penanaman pohon di Kabupaten Samosir.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menanamkan jiwa pelestarian alam, lingkungan hidup yang menjadi kebutuhan sehari-hari, dan membudayakan diseluruh masyarakat. Seperti dikatakan Ketua KPPS Dr. Petrus Tambunan. MA.

"Dengan aksi nyata penanaman minimal satu pohon untuk setiap anggota jemaat, program ini diharapkan menjadikan gereja HKBP menjadi panutan warganya," Ujar Dr. Petrus.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon juga menekankan agar tidak ada lagi penebangan hutan dengan sembarangan.

“Pada saat ini, saya juga mengajak kita semua agar menjaga keseimbangan lingkungan. Mari kita bersama-sama agar kedepan tidak ada lagi perambahan hutan dan penebangan kayu yang tidak semestinya” tegas Rapidin Simbolon.

Mengingat pentingnya penanaman pohon untuk wilayah Kabupaten Samosir yang sebagian besar banyak penggundulan, program Kementerian Kehutanan dan HKBP ini disambut baik oleh Ketua DPRD Samosir Rismawaty Simarmata.

"Kami semua berharap dengan kegiatan ini, alam Samosir semakin lestari dan lingkungan akan asri, sehingga Danau Toba bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat hingga anak cucu mendatang," Ujar Rismawaty.

Kementrian Kehutanan akan menyediakan bibit yang dibutuhkan KPPS dalam penanaman pohon yang dilakukan di Kecamatan Pangururan dengan luas 20 ha dan di Kecamatan Palili seluas 21,5 ha.

Wakil Ketua DPRD Jonner Simbolon, Kepala Dinas Kehutanan Samosir Ir. Yunus Hutauruk, Praeses HKBP Pdt. Debora Sinaga, Camat Pangururan, pemerhati lingkungan Fernando Sitanggang dan beberapa warga hingga jemaat HKBP, tampak hadir dalam kegiatan itu. (Abidan Simbolon)

Sumber: Reportase

0 komentar:

Post a Comment